Jumat, 16 Mei 2014

RAPI

RADIO ANTAR PENDUDUK INDONESIA KODE 10 (SEPULUH) KOMUNIKASI RADIO 10 – 1 PENERIMAAN BURUK 10 – 49 TITIK PERTEMUAN DI….. 10 – 2 PENERIMAAN BAIK 10 – 50 BREAK,HRP KOSONGKAN KANAL 10 – 3 BERHENTI MENGUDARA 10 – 57 KESULITAN BATERAI 10 – 4 BENAR/DAPAT DIMENGERTI 10 – 59 MEMBUTUHKAN MONITOR 10 – 5 PESAN UNTUK DISAMPAIKAN 10 – 60 APA ADA PESAN SELANJUTNYA 10 – 6 SEDANG SIBUK KECUALI ADA TRAFIC 10 – 61 JALAN TDK BISA DILEWATI 10 – 7 ADA KERUSAKAN/TDK MENGUDARA 10 – 62 TDK DIMENGERTI, HRP VIA TLP 10 – 8 DPT MENGUDARA/TIDAK RUSAK 10 – 63 PEKERJAAN DILANJUTKAN DI…. 10 – 9 PESAN AGAR DIULANG 10 – 64 PEKERJAAN TLH SELESAI 10 – 10 PENYAMPAIAN BERITA SELESAI 10 – 65 MENUNGGU BRT SELANJUTNYA 10 – 11 BICARA TERLALU CEPAT 10 – 67 SEMUA UNIT SIAP/SETUJU 10 – 12 MENGUNDURKSN DIRI/ADA TAMU 10 – 68 PERTEMUAN DENGAN CARA… 10 – 13 KEADAAN CUACA/JALAN 10 – 69 PESAN TELAH DITERIMA 10 – 14 INFORMASI 10 – 70 ADA KEBAKARAN DI ….. 10 – 15 INFORMASI SDH DISAMPAIKAN 10 – 71 PERANGKAT YANG DIGUNAKAN 10 – 16 HARAP DIJEMPUT/DIAMBIL PADA 10 – 72 MENANTI PENGARAHAN 10 – 17 ADA URUSAN PENTING/URGENT 10 – 73 KURANGI KECEPATAN PADA….. 10 – 18 ADA SESUATU UNTUK KITA 10 – 74 TIDAK/NEGATIP 10 – 19 BUKAN UNTUK KITA, KEMBALIKAN 10 – 75 PENYEBAB GANGGUAN 10 – 20 LOKASI TRANSMIT 10 – 76 DALAM PERJALANAN KE….. 10 – 21 HUBUNGAN VIA TELPON 10 – 77 BELUM/TDK MENHUBUNGI 10 – 22 AGAR MELAPOR KE ….. 10 – 81 TOLONG PESANKAN KMR HOTEL 10 – 23 STAND BY/MONITOR & MENUNGGU 10 – 82 PESAN KAMAR UNTUK….. 10 – 24 SELESAI MELAKSANAKAN TUGAS 10 – 83 PERLENGKAPAN CADANGAN 10 – 25 DAPAT MENGHUBUNGI …..? 10 – 84 NOMOR TELEPON SAYA 10 – 26 INFO TERAKHIR KRNG DIPERHTKAN 10 – 85 ALAMAT SAYA DI ….. 10 – 27 PINDAH KE KANAL 10 – 86 NOPOL KENDARAAN 10 – 28 IDENTITAS/CALL SIGN 10 – 89 BUTUH MONTIR RADIO DI….. 10 – 29 WAKTU U/ HUB TELAH HABIS 10 – 90 MENDAPAT GANGGUAN TV (SPLETER) 10 – 30 TIDAK MENTAATI PERATURAN 10 – 91 AGAR BICARA DEKAT MIC 10 – 31 SISTEM ANTENNA 10 – 92 PERANGKAT PERLU DI TUNE-UP 10 – 32 RADIO CHECK/REPORT RST 10 – 93 CHEK KETEPATAN FREKUENSI 10 – 33 KEADAAN DARURAT/KECELAKAAN 10 – 94 BICARA PANJANG 10 – 34 ADA KERUSAKAN, MOHON BANTUAN 10 – 95 TRANSMIT SELAMA 5 DETIK 10 – 35 INFORMASI RAHASIA 10 – 96 JAMMER 10 – 36 PUKUL BERAPA SEKARANG 10 – 97 TES JARUM SIGNAL PERANGKAT 10 – 37 PERLU MOBIL DEREK DI ..… 10 – 98 PULANG KEMBALI DR TUGAS 10 – 38 PERLU AMBULANCE DI….. 10 – 99 TUGAS SELESAI SEMUA SLMAT 10 – 39 PESAN ANDA TELAH DISAMPAIKAN 10 – 100 PERLU KE KAMAR MANDI 10 – 40 PERLU DOKTER DI ….. 10 – 200 PERLU BANTUAN POL DI ….. 10 – 41 SILAHKAN PINDAH KANAL 10 – 300 PERLU PMD KEBAKARAN DI … 10 – 42 ADA KECELAKAAN DI….. 10 – 400 PERLU BANTUAN TIBUM DI … 10 – 43 ADA KEMACETAN LALIN DI….. 10 – 500 PERLU BANTUAN PROV DI … 10 – 44 ADA PESAN UNTUK ANDA 10 – 600 PERLU BANTUAN GARNISUN DI.. 10 – 45 DLM JANGKAUAN, HRP LAPOR 10 – 7(X) PERLU BANTUAN SAR DI … 10 – 46 PERLU BANTUAN MONTIR 10 – 8(X) PERLU BANTUAN PLN DI … 10 – 47 WAKTU BERANGKAT KIRA2 10 – 9(X) PERLU BANTUAN DI ….. 10 – 48 WAKTU TIBA 51 SALAM KELUARGA 73 BEST REGARD 55 SALAM SEJAHTERA 88 LOVE AND KISSES KODE UDARA POLISI KOMANDO = KANTOR/POSKO TKP = TEMPAT KEJADIAN PERKARA. PANGKALAN = RUMAH TKA = SITUASI AMAN TERKENDALI TARUNA = BERITA/KEJADIAN TIKUS = PENCURI KANDANG = GUDANG KOTAK BESI = KENDARAAN RODA EMPAT KUDA BESI = KENDARAAN RODA dua GANTI KULIT = GANTI SHIFT MERUMPUT = MAKAN ISI BENSIN = MINUM 1 -1 = HUB LWT TELEPON 1 – 2 = MENGHADAP POSKO 1 – 4 = HUB LWT HT 8 – 4 = TESTING RADIO. 8 – 1 = KOMUNIKASI KURANG JELAS 2 – 2 = TERJADI KEMACETAN 4 – 4 = KUALITAS SUARA BAIK 3 – 3 = TERJADI KECELAKAAN 6 – 1 = TERJADI PERAMPOKAN 6 – 2 = TERJADI PENCURIAN 6 – 3 = TERJADI PENGANIAYAAN 6 – 5 = TERJADI KEBAKARAN 6 – 7 = TERJADI DEMONSTRASI 8 – 6 = MENGERTI 8 -7 = DILAPORKAN KEPADA….. 8-1-0 = TDK MENGUDARA / OFF 8-1-1 = TERIMAKASIH DAN STANBY 8-1-3 = SELAMAT BERTUGAS 8-1-5 = KEADAAN CUACA 8-1-6 = JAM/WAKTU 10 – 2 = POSISI DIMANA 10 – 8 = TUJUAN KE…. BUTIR-BUTIR = ANGGOTA ANGIN ANGIN = DEMONSTRAN (PESERTANYA) 3-3-8 = PEMBUNUHAN 3-6-3 = PENCURIAN 8 – 8 = KETEMU LANGSUNG 2-8-5 = PEMERKOSAAN 3-6-5 = PERAMPOKAN 8-1-4 = PEMBICARAAN TERLALU CEPAT 8-1-9 = SITUASI SEMUT = PELAJAR LALAT = MAHASISWA GAJAH = MOBIL BESAR / BUS TIMOR LOMBOK PATI = TELEPON HALONG TIMUR = HT KUPANG REMBANG = KENDARAAN KENDAL CEPU = KECAMATAN REMBANG REMBANG = SERSE REMBANG SOLO = RUMAH SAKIT AMBON PATI = ANGGOTA POLRI AMBON DEMAK = TNI AD PATI MEDAN = POLISI MILITER TIMOR MEDAN = TAMU / TEMAN KRESNA = PRESIDEN BIMA = WAPRES TIMOR I = KAPOLRES LOMBOK2 / LIMA2 = LALIN TIMOR LOMBOK = LAMPU LALIN OPAK PATI SOLO = DEREK LOMBOK PATI = KANTOR POLISI LOMBOK IRIAN = SURAT BANDUNG BANDUNG = BARANG BUKTI SOLO GARUT =SIAGA MEDAN DEMAK = MENINGGAL DUNIA PATI AMBON MEDAN = PENGAMANAN AMBON PATI PATI = APEL DEMAK PATI KENDAL = MOBIL PEMADAM 2 – 1 = OPERASI LALU LINTAS… AWAS,,, 5 -4 = TERJADI DEMONSTRASI SANDI ANGKA 1-1 : Hubungi per telepon 1-4 : Ingin bicara diudara (langsung) 3-3 : Penerimaan sangat jelek/orang gila 3-3L : Kecelakaan korban luka 3-3M : Kecelakaan korban material 3-3K : Kecelakaan korban meninggal 3-3KA : Kecelakaan kereta api 3-4-K : Kecelakaan, korban meninggal, pelaku melarikandiri 4-4 : Penerimaan kurang jelas 5-5 : Penerimaan baik/sehat 8-4 : Tes pesawat/penerimaannya 8-6 : Dimengerti 8-7 : Disampaikan 8-8 : Ingin berjumpa langsung 10-2 : Posisi/keberadaan 10-8 : Menuju 2-8-5 : Pemerkosaan 3-3-8 : Pembunuhan 3-6-3 : Pencurian 3-6-5 : Perampokan 8-1-0 : Pembunuhan 8-1-1 : Hidup 8-1-2 : Berita agar diulangi (kurang jelas) 8-1-3 : Selamat bertugas 8-1-4 : Laporan/pembicaraan terlalu cepat 8-1-5 : Cuaca 8-1-6 : Jam/waktu 8-1-9 : Situasi SANDI ALPHABET A : Ambon B : Bandung C : Cepu D : Demak E : Ende F : Flores G : Garut H : Halong I : Irian J : Jepara K : Kendal L : Lombok M : Medan N : Namlea O : Opak P : Pati Q : Quibek R : Rembang S : Solo T : Timor U : Ungaran V : Viktor W : Wilis X : Ekstra Y : Yongki Z : Zainal SANDI HURUF Taruna : Berita Gelombang : Jam/waktu Semut : Pelajar Lalat : Mahasiswa Pangkalan : Rumah/kediaman Cangkulan : Kantor/tempat kerja Gajah : Derek Komando : Kantor polisi Tikar : Surat Buntut tikus : Antena pendek (HT) Belalai gajah : Antena atas Laka : Kecelakaan Jaya 65 : Kebakaran Timor Kupang Pati : Tempat Kejadian Perkara Timor Lombok Pati : Telepon Timor Kupang Ambon : TerKendali Aman Halong Timur : Handy Talky (HT) Halong Pati : Hand Phone (HP) Kupang Rembang : KendaRaan Kupang Ambon : Kereta Api Wilis Kendal : Walikota Kendal Cepu : KeCamatan Kendal Lombok : KeLurahan Rembang Wilis : RW Rembang Timur : RT Rembang Rembang : Serse Rembang Solo : Rumah Sakit Rembang Pati : Rupiah Anak Kijang : Pencuri/Tersangka Ambon Pati : Anggota Polri Ambon Demak : Angkatan Darat Ambon Lombok : Angkatan Laut Ambon Ungaran : Angkatan Udara Pati Medan : Polisi Militer Timor Medan : Tamu/Teman Kresna : Presiden Bima : Wakil Presiden Timor Bandung I : Kapolri Metro I : Kapolda Timor I : Kapolres Lombok-Lombok : Lalu Lintas Timor Lombok : Lampu Lalu Lintas/Traffic Light Opak Pati Solo : Derek Lombok Pati : Kantor Polisi Lombok Irian : Surat Lombok Demak : Antena Pendek (HT) Bandung-Bandung : Barang Bukti (BB) Bandung2 Padat : Makan Bandung2 Medan : Bahan Bakar Minyak Lampiran/Ambon : Istri Monik : Anak Solo Bandung : Stand By Solo Garut : SiaGa Medan Demak : Meninggal Dunia Pati Ambon Medan : Pengamanan Aambon Pati-Pati : Apel Palang Hitam : Mobil Jenazah Demak Pati Kendal : Dinas Pemadam Kebakaran The Phonetic Alphabet A – ALPHA B – BRAVO C – CHARLIE D – DELTA E – ECHO F – FOXTROT G – GOLF H – HOTEL I – INDIA J – JULIETT K – KILO L – LIMA M – MIKE N – NOVEMBER O – OSCAR P – PAPA Q – QUEBEC R – ROMEO S – SIERRA T – TANGO U – UNIFORM V – VICTOR W – WHISKEY X – X-RAY Y – YANKEE Z – ZULU 0 – Ze-Ro 1 – Wun 2 – Too 3 – Tree 4 – Fow-Er 5 – Fife 6 – Six 7 – Sev-En 8 – Ait 9 – Nin-ErCEASE FIRE: Stop firing all weapons. SEMOGA BERMANFAAT NGEBRIIKK ITU GA ADA MATINYEE……. !!!! Sumber : http://sites.google.com/site/rapi1803/teknik-komunikasi

Rabu, 07 Mei 2014

TERIOS

Bagi kebanyakan warga metropolis, berkendara merupakan kebutuhan hidup. Tetapi karena semakin meningkatnya kebutuhan hidup serta mahalnya bahan bakar membuat banyak orang mencari cara lain untuk menghemat biaya berkendara. Pertimbangkanlah untuk membeli mobil bekas saat Anda akan membeli sebuah mobil, karena harga mobil bekas cenderung lebih murah daripada mobil baru dengan jenis sama. Terlebih lagi harga murah juga berarti berkurangnya biaya pajak, berkurangnya biaya membeli mobil baru, rendahnya pembayaran asuransi kecelakaan. Gunakanlah mobil bermesin empat silinder daripada menggunakan V6 dan V8 untuk menghemat bahan bakar. Mobil yang berukuran kecil cenderung lebih hemat daripada mobil berukuran besar. Untuk membandingkan model-model mobil Anda dapat mengunjungi Environmental Protection Agency atau klik di www.fueleconomy.gov. Saat akan membeli mobil Anda bisa berhemat dengan mengikuti beberapa tips pendukung. Untuk membantu usaha Anda cobalah selalu membawa sebuah catatan dan menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil saat Anda mengendarainya seperti – bahan bakar, perawatan atau pemeliharaan, perangkat, serta cara parkir. Di bawah ini beberapa tip berhemat dalam perawatan mobil. 1. JANGAN MENUNGGU Perhatikan hal berikut: saat Anda berhenti, mobil Anda berada dalam posisi nol per galon (mpg). Jangan biarkan mesin tetap hidup lebih lama saat Anda berhenti jika memang tidak diperlukan. Setelah menghidupkan mobil di pagi hari, mulailah untuk mengendarainya, dan jangan biarkan mobil tetap menghangat di tempatnya. Karena mesin akan menghangat setelah mobil berkendara untuk beberapa saat, pada mesin berbahan bakar bensin, lebih efisien untuk mematikan mesinnya daripada menghentikannya selama 30 detik atau lebih. Cobalah untuk berkendara misalnya ke sebuah restoran fast food daripada hanya duduk bengong dalam mobil. 2. TENANG Berkendara dengan tenang dan pelan-pelan merupakan cara terbaik menghemat bahan bakar mobil Anda, sebisa mungkin hindari berkendara cepat dan banyak menggunakan rem. Saat Anda akan mengendarai mobil dalam keadaan berhenti, cobalah mengendarainya dengan kecepatan sedang jika Anda ingin menambah kecepatan tanpa menurunkan kecepatan awal. Pertahankan kecepatan tersebut dengan kecepatan tetap pada roda gigi bagian atas. Menurut EPA, kecepatan rata-rata efisien berkisar sekitar 25 sampai 60 mph. Mengendarai mobil dengan halus, cornering, serta tidak terlalu sering menggunakan rem tidak saja menghemat bahan bakar tetapi juga mempertahankan mesin, transmisi, serta rem. 3. JANGAN MEMAKSA Mengendarai mobil diatas kecepatan rata-rata menggunakan sekitar 50% kekuatan mesin untuk memaksa pergerakan erodynamic pada mesin. Cobalah untuk tidak memaksa kerja mesin dengan menambah muatan pada mobil. Muatan yang berlebihan pada mobil dapat menghabiskan bahan bakar mobil sampai 5%, bahkan berkendara dengan muatan yang kosong tetap akan membuang bahan bakar. Jika mobil Anda memiliki air conditioning jangan menyalakannya dengan jendela mobil terbuka karena mengganggu aliran udara dari luar dan menyebabkan mesin akan bekerja extra. 4.TETAP HANGAT Mesin akan bekerja tidak efektif dalam keadaan dingin karena tidak menggunakan sedikitpun bahan bakar sehingga menyebabkan emision cepat menjadi kotor dan menyulitkan sewaktu pemakaian. Hindari menggunakan mobil dalam keadaan dingin. 5. BAHAN BAKAR RUTIN Jika mobil Anda termasuk mobil yang membutuhkan bahan bakar secara rutin, usahakan untuk tidak membeli bahan bakar jenis premium, karena menggunakan bahan bakar jenis premium pada kondisi tersebut ibarat membeli sneakers dengan harapan bahan bakar tersebut akan membuat mobil Anda semakin bertambah cepat lajunya. Banyak mobil yang didesain menggunakan bahan bakar biasa, meskipun menggunakan premium juga bukan pilihan buruk, cobalah berkonsultasi dengan dealer apakah mobil Anda termasuk mobil yang dapat menggunakan dua jenis bahan bakar tersebut. 6.MEMBELI PELUMAS & BAHAN BAKAR Bahan bakar off-brand merupakan jenis yang paling sering dijumpai di SPBU karena harganya yang menjangkau kantong seperti banyak dijual di bengkel-bengkel, yakinlah apakah mereka memberikan pelayanan yang benar serta memberi pelumas kental pada mobil Anda. Sesuaikan dengan interval kadar pelumas yang sesuai dengan mobil dimana rata-rata sebuah mobil berkendara di bawah kondisi normal yaitu 7.500 mil. Anda tidak perlu mengganti pelumas mobil Anda meskipun banyak perusahaan- perusahaan minyak pelumas menyarankan untuk mengganti pelumas mobil anda sedikitnya setelah mobil mencapai jarak tempuh 3.000 mil. Anda bisa mengganti pelumas mobil anda sebesar US$10 atau hanya melakukan penyaringan saja. Tetapi karena banyak minyak pelumas yang berharga sekitar US$20 Anda harus jeli mempertimbangkan apakah memang sudah waktunya Anda mengganti pelumas mobil anda atau tidak. 7. STAY TUNED Jarak tempuh mobil menurut EPA didasarkan dari well-tuned serta ketahanan mobil tersebut. Menjalankan mobil di sebuah kondisi subpar dapat menurunkan risiko tersebut. Mesin yang berdaya tahan buruk cenderung menurunkan jarak tempuh sekitar 10 sampai 20%. Mobil bermesin elektronik modern tidak memerlukan tune up terlalu sering pada mobil tua, meskipun masih harus tetap melakukan perawatan pada penurunan komponen- komponen secara rutin. Penggunaan penyumbat penyaring udara dapat kenaikan konsumsi bahan bakar sampai 10%. Sehingga cobalah untuk mengikuti prosedur rutin perawatan mobil Anda, dan bertindaklah segera jika Anda menemui bau, suara, serta getaran yang tidak biasa. Layanan dealer anda akan mengganti perangkat, peralatan, serta menganalisa mobil Anda untuk menemukan penyebab perubahan tersebut. Tetapi mekanik yang berpengalaman dapat memperbaiki serta melakukan perawatan rutin pada mobil Anda. Cobalah untuk membawa mobil Anda ke bengkel yang biayanya cenderung lebih murah daripada harus menguras kantong di sebuah dealer. 8. PERAWATAN RUTIN Sebelum Anda melakukan perawatan rutin pada kendaraan Anda cobalah untuk mengenali biaya yang harus Anda habiskan, bahkan dealer yang berbeda dengan nama yang sama pun mematok biaya yang berlainan dengan jenis kerusakan yang sama. Perbaikan rutin dapat dilakukan oleh bengkel-bengkel yang biayanya lebih menjangkau daripada di perbaikan yang dilakukan dealer-dealer. Periksalah anggaran tahunan Anda apakah Anda memang perlu mengeluarkan biaya extra untuk perbaikan mobil tersebut, tetapi jika Anda termasuk orang yang terampil Anda bisa memperbaikinya atau memeliharanya sendiri. 9. PERIKSA RODA Jaga kondisi ban Anda tetap menggembung, ban dengan udara kempes membutuhkan energi lebih banyak yang tidak saja membuang bahan bakar tetapi juga menyebabkan roda cepar aus. Menurut EPA, satu ban yang kempes memicu kenaikan penggunaan bahan bakar sebanyak 1%, selain juga menyebabkan panas dan menyebabkan ban cepat aus. Periksalah kodisi tekanan ban Anda setiap bulannya saat keadaan dingin. Tekanan pada ban terdapat dapat Anda jumpai pada bagian dalam mobil – biasanya terdapat di dalam doorjamb atau di dalam sarung kotak penutup (glove-box lid). 10. ASURANSI Beberapa asuransi berharga dua kali lebih mahal pada pelanggan serta mobil yang sama. Anda bisa menemukan asuransi yang terbaik di Internet atau lewat Yellow Pages, bijaksanalah dalam menggunakan jaminan ansuransi Anda, meskipun Anda tidak perlu terlalu berlebihan dalam asuransi kecelakaan jika memang mobil Anda merupakan mobil tua karena premi asuransi kecelakaan bisa mencapai 10% pada buku mobil. Sumber: http://bebeknunggink.multiply.com

sospol

Pemikiran politik machiavelli (Politik Barat) 1. Sejarah Pemikiran Machiavelli tentang Politik dan Kekuasaan. Machiavelli adalah seorang filsuf yang hidup dalam zaman renaisans. Lahir tahun 1469 di Florence, italia. Namanya cukup terkenal dalam ilmu politik bahakan menjadi salah satu tokoh dalam filsafat politik. Sebagai salah satu tokoh yang terlibat dalam dunia politik dan ketika Machiavelli berumur dua puluh Sembilan tahun memperoleh kedudukan tinggi dipemerintahan sipil di Florence. Selama empat belas tahun sesudah itu dia mengabdi kepada republic Florentine dan terlibat dalam berbagai missi diplomatic atas namnaya, melakukan perjalanan ke prancis, jerman dan didalam negeri italia. Machiavelli menulis beberapa buku, dua diantaranya yangpaling masyhur adalah The Prince, (Sang Pangeran) ditulis tahun 1513, dan TheDiscourses upon the First Ten Books of Titus Livius (Pembicaraan terhadap sepuluhbuku pertama Titus Livius). Machiavelli tumbuh dibawah hukum anggota dinasti Medici yang mendapat gelar Lorenzo the Magnificent dari masyarakat Florentine, dan zaman Lorenzo sering dilukiskan sebagai zaman Agustus dari Renaissance Italia. Lorenzo sendiri adalah humanis terhormat, penyair dan menjadi panutan (patron) seniman maupun kalangan terpelajar. Pada saat itu Machiavelli adalah sebagai ahli teori dan figur utama dalam realitas teori politik, ia sangat disegani di Eropa pada masa renaissance. Dua buku yang terkenalnya adalah Discorsi sopra la prima deca di tito livio (Diskursus tentang Livio) dan II Principe (Sang Pangeran), awalnya ditulis sebagai harapan untuk memperbaiki kondisi pemerintahan di Italia Utara. Karya Machiavelli itu membuatnya dikenal sebagai seorang ilmuwan politik Renaisans. Namun ada beberapa ilmuwan politik yang menentangnya karena menurutnya Machiavelli bukanlah seorang ilmuwan politik karena ia kurang memiliki basis metodelogi dan pemikiran politik yang sistematik. Jdi tujuan kepentingan politik pribadi Machiavelli dengan penulisan buku itu. Machiavelli berharap dengan saran-saran dan nasehat politiknya ia bias merikrut sebagai pejabat pemerintahan. 2. Metode-Metode Pemerintahan yang Efektif dalam Beberapa bentuk Kepenguasaan Untuk mencapai sukses, seorang penguasa harus dikelilingi dengan menteri-menteri yang mampu dan setia, Machiavelli memperingatkan penguasa agar menjauhkan diri dari penjilat dan minta pendapat apa yang layak dilakukan. seorang penguasa yang cermat tidak harus memegang kepercayaannya jika pekerjaan itu berlawanan dengan kepentingannya. The Prince (Sang Pangeran) sering dijuluki orang “buku petunjuk untuk para diktator.” Karier Machiavelli dan berbagai tulisannya menunjukkan bahwa secara umum dia cenderung kepada bentuk pemerintahan republik ketimbang pemerintahan diktator. Machiavelli berpendapat bahwa nilai-nilai yang tinggi, atau yang dianggap tinggi, adalah berhubungan dengan kehidupan dunia, dan ini dipersempit pula hingga kemasyhuran, kemegahan, dan kekuasan belaka. Machiavelli menolak adanya hukum alam, yang seperti telah diketahui adalah hukum yang berlaku untuk manusia sejagat dan sesuai dengan sifat hukum, mengikat serta menguasai manusia. Machiavelli menolak ini dengan mengemukakan bahwa kepatuhan pada hukum tersebut, malah juga pada hukum apapun pada umumnya bergantung pada soal-soal apakah kepatuhan ini sesuai dengan nilai-nilai kemegahan, kekuasaan, dan kemsyhuran yang baginya merupakan nilai-nilai tinggi. Bahkan menurut pendapatnya inilah kebajikan. Machiavelli mengatakan bahwa untuk suksesnya seseorang, kalau memang diperlukan, maka gejala seperti penipuan dibenarkan. Misalnya, ia mengakui bahwa agama mendidik manusia menjadi patuh, dan oleh sebab kepatuhan ini perlu untuk suksesnya seorang yang berkuasa, maka perlulah agama tadi. Jadi agama itu diperlukan sebagai alat kepatuhan, bukan karena nilai-nilai yang dikandung agama itu. Gagasan kekuasaan machiavelli patut dikaji setidaknya karena dua alasan, yaitu : · Gagasannya telah menjadi sumber inspirasi yang tak pernah kering bagi banyak penguasa sejak awal gagasan itu dipopulerkan sampai abad XX. · Banyak negarawan dan penguasa dunia yang secara sembunyi atau terus terang mengakui telah menjadikan buku Machiavelli itu sebagai hand book (buku pegangan) mereka dalam memperoleh dan mempertahankan kekuasaannya. Misalnya Hitler dan Mussolini. Gagasan yang sama telah menjadi basis intelektual bagi pelaksanaan diplomasi kaum realis (realisme). Realisme sebagai suatu aliran penting dalam kajian diplomasi internasional, banyak mendasarkan asumsinya pada pemikiran kekuasaan Machiavelli. Dalam kaitannya dengan kekuasaan seorang penguasa Machiavelli membahas perebutan kekuasaan (kerajaan). Bila seseorang penguasa berhasil merebut suatu kerajaan maka ada cara memerintahkan negara yang baru saja direbut itu. Pertama, memusnahkannya sama sekali dengan membumihanguskan negara dan membunuh seluruh kelurga penguasa lama, Kedua dengan melakukan kolonisasi mendirikan pemukiman-pemukiman baru dan menempatkan sejumlah besar pasukan infantry di wilayah koloni serta menjalin hubungan baik dengan negara-negara tetangga terdekat. 3. Tentang Machiavelli dan Nasihat Machiavelli dalam Politik dan Kekuasaan Niccolo Machiavelli, termasyhur karena nasihatnya yang blak-blakan bahwa: “Seorang penguasa yang ingin tetap berkuasa dan memperkuat kekuasaannya haruslah menggunakan tipu muslihat, licik dan dusta, digabung dengan penggunaan kekejaman penggunaan kekuatan”. http://media.isnet.org/iptek/index/Machiavelli.html. The Prince dapat dianggap nasihat praktek terpenting buat seorang kepada negara. Pikiran dasar buku ini adalah, untuk suatu keberhasilan, seorang Penguasa harus mengabaikan pertimbangan moral sepenuhnya dan mengandalkan segala, sesuatunya atas kekuatan dan kelicikan. Machiavelli menekankan di atas segala-galanya yang terpenting adalah suatu negara mesti dipersenjatai dengan baik. Dia berpendapat, hanya dengan tentara yang diwajibkan dari warga negara itu sendiri yang bisa dipercaya; negara yang bergantung pada tentara bayaran atau tentara dari negeri lain adalah lemah dan berbahaya. Machiavelli menasihatkan sang Pangeran agar dapat dukungan penduduk, karena kalau tidak, dia tidak punya sumber menghadapi kesulitan. Tentu, Machiavelli maklum bahwa kadangkala seorang penguasa baru, untuk memperkokoh kekuasaannya, harus berbuat sesuatu untuk mengamankan kekuasaannya, terpaksa berbuat yang tidak menyenangkan warganya. Dia usul, meski begitu untuk merebut sesuatu negara, si penakluk mesti mengatur langkah kekejaman sekaligus sehingga tidak perlu mereka alami tiap hari kelonggaran harus diberikan sedikit demi sedikit sehingga mereka bisa merasa senang. Untuk mencapai sukses, seorang Pangeran harus dikelilingi dengan menteri-menteri yang mampu dan setia Machiavelli memperingatkan Pangeran agar menjauhkan diri dari penjilat dan minta pendapat apa yang layak dilakukan. Menurut Asvi Warman Adam bahwa “Sejarah mengajarkan kepada kita apa yang tidak dapat kita lihat, untuk memperkenalkan kita kepada penglihatan yang kabur sejak kita lahir”. Wineburg (2006: vii) Namun menurut kami tujuan dari sejarah mengajarkan kita sebuah cara menentukan pilihan untuk memptertimbangkan berbagai pendapat untuk membawakan berbagai kisah dan meragukan sendiri bila perlu kisah-kisah yang kita bawakan. Filosofi politik dari Machiavelli adalah nilai-nilai yang tinggi atau yang dianggap tinggi dan penting berhubungan dengan kehidupan dunia, khususnya menyangkut kemasyhuran, kemegahan serta kekuasaan belaka, karenanya sangat menolak adanya hukum alam yang berlaku secara universal bagi seluruh manusia dan umat manusia di jagat ini. Ia menolak pandangan tersebut dengan mengemukakan bahwa kepatuhan kepada hukum tersebut bahkan hukum apapun sangat tergantung apakah semua itu sesuai dengan kekuasaan, kemasyhuran, dan kemegahan sebagai nilai-nilai tertinggi. Persoalan dasar filsafat Machiavelli adalah bagaimanakah cara seorang pemimpin itu dapat membela kekuasaannya, menjaga stabilitas keamanan negaranya dan juga kesejahteraan rakyatnya. Machiavelli adalah seorang yang realis dan tampil berhadapan dengan realitas konkret dunia politik, dunia kekuasaan dan dunia penataan negara. Menghindari keterpecahan, mencegah invasi pihak-pihak luar, mengalahkan musuh yang mengancam kekuasaan dan wibawa pemerintahan serta mempertahankan keutuhan negara dan sejenisnya adalah persoalan konkret yang dihadapi oleh Machiavelli. Niccolo Machiavelli merupakan seorang pemikir politik dan sosial yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan perpolitikan di Eropa pada abad ke 15-16 M, kontribusinya yang masih dikenal hingga saat ini adalah bukunya yang berjudul “The Prince” dimana tulisan ini hadir karena pada masanya Machiavelli melihat bobroknya sistem pemerintahan yang ada disebabkan karena lemahnya penguasa pada saat sehingga tulisannya ini merupakan jawaban bagaimana seorang penguasa seharusnya bertindak agar tetap mempertahankan kekuatannya sebagai seorang penguasa. Menurut Machiavelli seorang pemimpin bertindak berdasarkan kondisi lingkungan sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa pemimpin tersebut akan melakukan hal-hal negatif. Selain itu, menurut Machiavelli seorang penguasa harus memiliki sifat-sifat positif dan negatif hanya jika itu dibutuhkan sehingga ini akan menjadi seorang penguasa yang kuat dan dapat membawa negaranya menjadi negara yang unggul, maju dan besar. Dengan demikian dapat kita ambil benang merah dari pemikiran Machiavelli bahwa selayaknya seorang pemimpin harus dapat bersikap fleksibel sehingga dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan sekitar sehingga ia dapat terus bertahan dan selain itu ia juga memiliki sifat-sifat positif maupun negatif yang diperlukan untuk memajukan negaranya. Abad pertengahan merupakan jaman dimana negara berada di bawah dominasi kekuasaan rohani gereja Katolik. Segala bentuk kekuasaan, hukum, undang-undang, serta pranata-pranata sosial masyarakat dikaitkan dengan Tuhan. Tuhan menjadi sumber dan pusat segala kegiatan manusia. Model kekuasaan ini mulai mengalami krisis ketika manusia mulai menyadari dirinya sebagai makhluk yang bebas. Awal kesadaran manusia inilah yang disebut sebagai pencerahan atau jaman Renaissance. Jaman Renaisaance memunculkan para tokoh dan filsuf besar yang berjuang melawan dominasi agama. Salah satu tokoh Renaissance yang terkenal adalah Machiavelli. Ia mempersoalkan tentang kekuasaan gereja yang sangat mendominasi negara. Ide pokok pemikirannya adalah negara jangan sampai dikuasai oleh agama, sebaliknya negara harus mendominasi agama. Menurutnya, agama dapat mendukung patriotisme dan memperkuat pranata-pranata kebudayaan. Konsep ini dibuatnya berdasarkan pemahamannya tentang agama Romawi kuno, bukan berdasarkan realitas kekristenan pada masanya. Menurutnya, agama Romawi kuno lebih bersifat integratif dibandingkan agama Kristen. Agama Romawi kuno berhasil mempersatukan negara, membina loyalitas, dan kepatuhan rakyat terhadap otoritas penguasa Romawi. Gagasan pragmatis Machiavelli tidak hendak mengatakan bahwa ia seorang ateis. Hal yang ia persoalkan dalam agama bukanlah ada tidaknya Tuhan, tetapi fungsi agama dalam kehidupan masyarakat dan politik. Dengan adanya gagasan yang demikian, sebetulnya Machiavelli berhasil memperlihatkan bahwa agama tidak sekeramat yang disangka orang. Agama hanyalah salah satu pranata dalam kehidupan bermasyarakat yang bisa difungsikan. Menurutnya, penguasa yang cakap adalah dia yang mampu melihat agama sebagai suatu kekuatan yang bisa digunakan untuk memperkuat negara atau melayani kepentingan negara. Dalam melihat fungsi dan peran agama, Machiavelli memberikan kritik terhadap cara hidup kaum klerus dan kekristenan. Ia mengkritik kekristenan yang terlalu menyanjung dan memuliakan orang-orang yang sederhana dan yang senang berkontemplasi dari pada orang yang suka bertindak. Kekristenan terlalu mengidealkan kelembutan dan kerendahan hati dan amat meremehkan hal-hal duniawi. Kekristenan juga ikut membentuk sikap egois masyarakat, sehingga masyarakat mengabaikan negara sebagai persekutuan politik dan lebih mementingkan kepuasan rohani secara pribadi. Gereja dan pemimpin agama yang seharusnya mengajarkan nilai kebaikan dan moralitas, justru menjadi penyebab kemerosotan moral dan iman yang pada akhirnya menghancurkan Italia. Dalam situasi kekacauan serta kemerosotan moral masyarakat, Machiavelli menganjurkan kepada kekristenan dan kaum klerus untuk kembali menghidupkan prinsip dan nilai awali, sehingga kekristenan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Para pemimpin Gereja yang telah menyimpang dari prinsip dasar kekristenan dihimbau untuk menghidupi kembali prinsip-prinsip yang telah diletakkan oleh pendiri. Jika kekristenan dan kaum klerus dapat hidup sesuai dengan semangat awali, maka dengan sendirinya negara dan masyarakat akan menjadi beradab. Agama dikatakan memiliki kekuatan, karena dalam agama terdapat nilai politis yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan negara. Nilai politis agama yang dimaksudkan Machiavelli antara lain adalah: agama dapat membentuk moralitas masyarakat, agama mampu mempersatukan masyarakat, agama dapat dijadikan sebagai alat bagi penguasa untuk mencapai kekuasaan, serta memudahkan suatu Negara . Berdasarkan sejarah Romawi kuno, agama dapat membangkitkan keberanian tentara. Sebagai seorang tokoh humanis sejati, Machiavelli mempelajari dan mengagumi sejarah serta karya manusia, termasuk agama pada zaman purba. Bagi Machiavelli, agama merupakan salah satu karya manusia yang patut mendapat pujian tertinggi.[35] Dalam Discoursus, Machiavelli menulis: ‘Di antara orang-orang yang pantas dipuji, yang paling pantas dipuji adalah para pemimpin dan pendiri agama-agama”.[36] Dalam menguraikan pendapatnya tentang politik agama, Machiavelli terispirasi oleh sejarah kerajaan Romawi kuno serta oleh berbagai situasi yang terjadi di sekitarnya. Berikut ini penulis memaparkan faktor-faktor yang melatar belakangi pemikiran Machiavelli tentang nilai politis agama. Machiavelli juga mempersoalkan interpretasi agama tentang semangat dan penghayatan kekristenan. Menurutnya, semangat dan penghayatan yang diajarkan oleh kekristenan adalah keliru. Ketika itu agama Kristen ditafsirkan sebagai agama bagi manusia yang lembut dan rendah hati serta yang cinta akan pengurbanan. Machiavelli menghendaki reformasi di bidang keagamaan yang menunjang perkembangan patriotisme. Reformasi yang dikehendakinya adalah usaha reinterpretasi tentang semangat kekristenan secara baru, yakni agama yang aktif dan peka terhadap realitas, agar dari sana terhembus suatu kekuatan, sehingga membangkitkan semangat masyarakat dan menyelamatkan mereka dari dekadensi moral.[44] http://zakiyudin-fikri.blogspot.com/ http://zakiyudin-fikri.blogspot.com/2013_11_01_archive.html